Jumat, 06 Mei 2016

Tips Makan Sehat 4: Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Image result for makan buah dan sayur
Buah dan sayur menghindarkan kita dari penyakit

Kandungan kalori yang terkandung dalam buah dan sayur sangat sedikit. Selain itu, buah dan sayur segar juga sangat kaya akan nutrisi; vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Mengkonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari selain meningkatkan kesehatan badan juga akan membantu Anda memangkas porsi makanan tidak sehat. Jika Anda termasuk orang yang tidak pernah atau belum terbiasa memasukkan buah dalam menu makan Anda setiap harinya, cobalah memulainya dengan dua buah apel atau dua sisir pisang setiap hari dan rasakan perbedaannya.

Cobalah mengkonsumsi beragam buah dan sayur dengan berbagai warna setiap hari. Hal ini penting karena buah yang berwarna lebih gelap mengandung lebih banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Anda bias menambahkan beri pada sereal sarapan Anda, makan buah sebagai pencuci mulut, atau sebagai cemilan. Anda bias mengganti cemilan dengan wortel atau tomat ceri.


  • Hijau. Ada banyak sekali sayuran hijau yang bisa kita konsumsi seperti bayam, kangkung, selada, brokoli, daun papaya, dan sawi hijau. Sayur-sayuran ini mengandung kalsium, magnesium, iron, potassium, zinc, serta vitamin A, C, E, dan K. Jangan hanya terpaku pada sayuran tertentu. Anda bisa memvariasikan sayuran yang akan dikonsumsi setiap hari agar tidak bosan.
  • Sayuran manis. Sayuran seperti jagung, wortel, kentang, umbi-umbian, dan labu mengandung zat pemanis alami. Menambahkan sayur-sayuran ini pada menu makan akan mengurangi ketergantungan Anda pada pemanis buatan.
  • Buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat, vitamin, dan antioksidan. segala jenis beri mengandung zat anti kanker, apel kaya akan serat, jambu biji dan jeruk adalah sumber vitamin C, dan sebagainya. Variasikan sajian buah Anda agar tidak bosan. Anda bisa membuat salad, memakannya langsung atau membuat jus buah.


Buah dan sayur adalah sumber vital vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Dianjurkan konsumsi beragam buah dan sayur lima porsi setiap hari agar Anda terhindar dari penyakit jatung, stroke dan kanker. 

Jika Anda kesulitan menentukan porsinya, sebuah apel, pisang, pear atau buah yang seukuran (80g) itu sudah mewakili satu porsi. Seiris nanas, semangka atau melon itu juga termasuk satu porsi. Tiga sendok makan penuh sayur adalah satu porsi untuk sayuran.

Menambahkan potongan pisang pada sereal makan pagi Anda juga merupakan salah satu cara menambahkan seporsi buah pada menu harian. Mengganti cemilan dengan jeruk atau jambu juga bisa dijadikan cara lain. Sempatkan memakan satu lembar selada pada makan siang Anda. Salad buah atau snack buah dengan yogurt tawar juga bagus untuk mengganti makanan pencuci mulut atau cemilan malam.

Demikian tips mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat cantiksehatpedia sampaikan. Semoga membawa manfaat bagi kita semua. Baca juga tips selnjutnya Tips Makan Sehat 5: Karbohidrat Sehat dan Gandum Utuh

Tags : Cara makan buah, Porsi makan buah, Manfaat buah, Manfaat sayur.

0 komentar:

Posting Komentar