Jumat, 06 Mei 2016

Tips Makan Sehat 3: Kurangi Gula

Image result for kurangi gula
Makanan manis memicu penyakit dan mengganggu kesehatan tubuh

Selain porsi makan yang banyak, masalah makan lainnya adalah kadar gula dalam makanan yang kita konsumsi. Pemanis makanan menyebabkan kegemukan, kehabisan energi dan berbagai macam gangguan kesehatan seperti diabetes, depresi, dan bahkan dapat menaikkan jumlah tindakan bunuh diri pada remaja. Memangkas jumlah permen dan kue-kue manis yang dikonsumsi hanya sebagian kecil solusi, karena gula juga terdapat pada makanan lainnya seperti roti, nasi, sup dan sayur kalengan, saus pasta, mentega, makanan beku, fast food, dan kecap. Tubuh Anda mendapatkan zat gula alami dari makanan, mendapatkan tambahan gula dari permen dan makanan penutup hanya akan menyebabkan penyakit.

Tips untuk mengurangi konsumsi gula


  • Kurangi secara perlahan. Berhenti mengkonsumsi makanan manis sama sekali hanya akan menyiksa diri Anda sendiri. Cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Dengan demikian, indera perasa Anda pun akan  menjadi terbiasa.
  • Hindari minuman berpemanis. Minumlah minuman yang berpemanis alami, seperti jus atau air mineral yang diberi potongan buah atau yang biasa disebut infused water.
  • Jangan mengganti lemak jenuh dengan gula. Beberapa orang membuat kesalahan dengan mengganti lemak jenuh yang sehat seperti susu murni dengan karbohidrat murni atau makanan yang berpemanis dan berpikir kalau itu adalah pilihan yang sehat. Lemak yang lebih sedikit bukan berarti sehat, apalagi kalau lemak tersebut digati denggan gula tambahan untuk memberi rasa yang lebih enak.
  • Hindari makanan kemasan seperti sup kalengan, makanan beku, atau makanan rendah lemak yang mengandung zat pemanis tersembunyi yang kadang melebihi batas yang diperbolehkan.
  • Hati-hati ketika makan di luar rumah. Kebanyakan kuah daging, bumbu dan sause sudah ditambahakan garam dan gula Sebaiknya Anda meminta disajikan secara terpisah.
  • Pilih cemilan sehat. Sejatinya tidak ada cemilan yang lebih sehat daripada buah segar dan snack yang terbuat dari gandum utuh. Karenanya, cemilan yang mengandung pemanis buatan seperti permen, coklat dan kue, sebaiknya dihindari. Jika dirasa perlu, tenambahkan selai kacang murni untuk memuaskan indera pencecap Anda.
  • Cek labelnya. Beberapa produk kadang menggunakan terlalu banyak pemanis. Bacalah label nutrisi yang tertera di luar kemasan makanan yang akan dibeli. Pilihlah produk yang mengandung lebih sedikit gula.

Tidak bisa dipungkiri, cemilan manis seperti coklat, kue, dan permen sangat menggoda lidah kita untuk mencicipi. Akan sangat sulit bagi kita menolak hal-hal manis tersebut, apalagi menghindari tidak memakannya sama sekali. Mudah-mudahan dengan tips-tips yang cantiksehatpedia sudah jabarkan di atas dapat membantu Anda mengontrol asupan gula yang dikonsumsi. Jangan lupa buka tips selanjutnya Tips Makan Sehat 4 : Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Tags: Makanan manis, Cek label produk, Zat pemanis alami, Tips hindari gula, Porsi gula

0 komentar:

Posting Komentar