Kamis, 05 Mei 2016

Tips Makan Sehat 1: Rubah Pola Makan Anda


Image result for merubah pola makan
Mau tubuh yang bugar? Terapkan tips-tips menyehatkan badan di bawah ini.

Untuk menjaga badan agar selalu sehat, tentunya kita harus membiasakan diri makan makanan sehat. Akan tetapi, rasanya tidak mungkin langsung menyingkirkan makanan kurang sehat favorit Anda begitu saja. Anda perlu merencanakan perubahan pola makan Anda sedikit demi sedikit karena membuat perubahan drastis seperti dengan merombak semua menu makan sehari-hari Anda hanya akan menyulitkan diri Anda sendiri. Setelah perubahan sedikit demi sedikit tersebut menjadi kebiasaan, Anda dapat menambahkan lebih banyak pilihan makanan sehat lainnya. Dengan demikian, usaha untuk mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat akan terasa lebih sehat dan menyenangkan.

Nah, masalahnya sekarang hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengawali gaya hidup sehat Anda? Berikut ini cantiksehatpedia sudah merangkumnya untuk Anda. 

  1. Siapkan sendiri menu makanan sehat Anda. Memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi akan membantu Anda menghitung nutrisi apa yang terkandung dalam makanan tersebut. Sehingga, Anda dapat dengan mudah memonitor apa saja yang masuk ke tubuh Anda.
  2. Rubah dengan benar. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, penting untuk menganti makanan sampah dengan yang lebih sehat seperti mengganti ayam goreng dengan ikan panggang. Dengan melakukannya, Anda telah mengganti lemak trans dengan lemat sehat. Hal ini akan membuat perubahan positif dalam tubuh Anda. Mengganti lemak hewani dengan karbohidrat juga akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan memperbaiki suasana hati Anda.
  3. Sederhanakan. Daripada terlalu dipusingkan dengan menghitung jumlah kalori dari setiap makanan yang Anda konsumsi, cobalah untuk memikirkan warna, jenis dan kesegarannya. Sebaiknya Anda lebih memusatkan perhatian Anda pada menghindari makanan kemasan dan lebih memilih bahan makanan segar.
  4. Baca labelnya. Penting sekali untuk memperhatikan kandungan apa yang ada dalam makanan Anda. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu label nutrisi dari makanan kemasan yang akan Anda konsumsi sebelum mengkonsumsinya. Cermati apakah kalori serta kadar gula yang terkandung didalamnya sesuai dengan diet Anda.
  5. Apa yang Anda rasakan setelah makan? Semakin sehat makanan yang Anda konsumsi, semakin baik perasaan Anda setelah mengkunsumsi makanan tersebut. Begitu juga sebaliknya. Semakin banyak junk food yang Anda konsumsi, semakin Anda akan merasakan ketidaknyamanan maupun kehabisan energi. Mengetahui perasaan Anda setelah makan akan membentu perkembangan kebiasaan makan yang lebih sehat.
  6. Minum cukup air putih. Air putih akan membersihkan sistem pencernaan kita dari sampah makanan dan racun yang mengendap di usus. Kebiasaan minum sedikit air putih menyebabkan dehidrasi yang akan menyebabkan kelelahan, tubuh lemas dan sakit kepala. Meminum air putih yang cukup setiap harinya akan membantu menjaga tubuh sehat Anda.

Menjaga badan agar tetap sehat memang membutuhkan usaha yang keras dan konsistensi dari Anda. Untuk memiliki tubuh yang sehat Anda juga harus mampu menahan diri serta berkeinginan serius untuk mencapai tujuan Anda. Tanpa keinginan yang kuat dalam diri Anda, akan sulit untuk menerapkan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, cantiksehatpedia menyarankan Anda menerapkan tips-tips yang sudah diuraikan di atas untuk memudahkan Anda memperoleh gaya hidup yang lebih sehat. Jika masih dirasa kurang, Anda dapat membaca artikel Tips Makan Sehat 2: Jangan Berlebihan Selamat mencoba!

Tags : Gaya hidup sehat, Pola makan sehat, Tips hidup sehat, Manfaat air putih, Makanan sehat

0 komentar:

Posting Komentar